News

Di Desa Tegalyoso Ada Taman Doa Apius Yang Asri Dan Sejuk Di Pinggir Kali.

KLATEN. |] PojokKlaten.com – Pemerintah Desa Tegalyoso kecamatan Klaten Selatan bersama masyarakat berhasil mewujudkan bentuk nyata nilai nilai kerukunan hidup beragama di dalam masyarakat dengan telah selesainya pembangunan sebuah taman doa di dusun Merbung Cilik, desa Tegalyoso kecamatan Klaten Selatan, Klaten. Adapun peresmian taman doa yang diberi nama “Taman Doa Apius” ini dilakukan oleh Wakil Bupati Klaten, H. Yoga Hardaya pada hari Jum’at (11/6) pagi.

Salah satu pemuka masyarakat desa Tegalyoso dan pengusaha real estate di Klaten, Joshua Muryantoro kepada media ini menjelaskan, ide awal pembuatan taman doa yang diberi nama Apius ini terinspirasi saat dirinya berkunjung di Korea Selatan. Menurut J. Muryantoro, kehidupan warga Korea Selatan yang relatif lebih maju dan lebih sejahtera kehidupannya, salah satu faktornya adalah banyaknya berdiri taman doa di sudut sudut kota.

“Terinspirasi dari masyarakat Korea Selatan itulah kemudian kami ingin menerapkannya di dalam kehidupan warga masyarakat dimana kami tinggal yaitu, di desa Tegalyoso kecamatan Klaten Selatan ini. Kemudia kami berkoordinasi dengan Pemdes Tegalyoso dan pemuka pemuka agama di sini untuk membangun sebuah tama doa di sini….” jelas Muryantoro.

“Taman doa ini adalah tempat untuk berdoa baik perorangan maupun kelompok dengan jumlah terbatas. Sekali lagi ini tempat hanya untuk berdoa bukan tempat untuk beribadah secara berjamaah. Taman doa ini bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang berlatar belakang agama apapun….” lanjut Muryantoro.

Sementara Wakil Bupati Klaten, H. Hardaya seusai meresmikan taman doa “Apius” di desa Tegalyoso itu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada warga masyarakat desa Tegalyoso yang telah membangun taman doa ini. Hal ini berarti turut menyemaikan bibit bibit keberagaman dan toleransi didalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.
Semoga nilai nilai keberagaman, kerukunan itu nantinya dapat menyebar dalam skala yang lebih luas di dalam masyarakat kabupaten Klaten.

Hal ini sejalan dengan semangat yang saat ini digelorakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten yang sedang mengembangkan pembentukan desa Sadar kerukunan di seluruh wilayah kabupaten Klaten.

Taman doa Apius yang berlokasi di pinggir kali dengan suasana yang asri dan sejuk ini luasnya sekitar 1500 meter persegi. Dilengkapi dengan bangunan aula, ruangan untuk berdoa sebanyak 3 kamar dengan masing masing berukuran 3×4 meter dan sebuah pavilyun.

“Warga masyarakat, baik perorangan maupun keluarga yang ingin berdoa di taman ini bisa berhububungan dengan pengelola….” jelas Muryantoro.(Sarjana)

Bagikan berita ini di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *