Headline

Pembentukan PKUB Kecamatan Dan Desa, FKUB Kabupaten Klaten Minta Dukungan Pimpinan DPRD Klaten

KLATEN. |] PojokKlaten.com – Hari Rabu (9/6), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten mengadakan audiensi dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Klaten dalam rangka meminta dukungan bagi terbentuknya Paguyuban Kerukunan Umat Beragama, baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat desa di seluruh wilayah kabupaten Klaten.

Rombongan lengkap pengurus FKUB Kabupaten Klaten dipimpin langsung oleh Ketuanya, KH Syamsoedin Asrofie dan disambut oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Klaten antara lain Ketua Hamenang W Ismoyo, Wakil Ketua, Haryanto dan Marjuki.
Audiensi dilakukan di ruang pertemuan,lantai dua gedung baru DPRD Kabupaten Klaten,

Sebelumnya, FKUB Kabupaten Klaten juga sudah mendapat support penuh dari Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Dandim 0723 Klaten, Letkol Inf. Joni Eko Prasetyo dan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Pemkab Klaten, Wardanj Sugiyanto.

Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH. Syamsoedin Asrofie seusai pertemuan tersebut kepada media ini mengatakan, FKUB Kabupaten Klaten menemui pimpinan DPRD Kabupaten Klaten dalam rangka meminta dukungan bagi terbentuknya Paguyuban Kerukunan Umat Beragama tingkat kecamatan dan desa di seluruh wilayah kabupaten Klaten.
“Pembentukan PKUB di kecamatan maupun di desa ini merupakan satu satunya di Indonesia. Boleh dibilang,
Klaten menjadi pilot project dalam hal pembentukan PKUB, untuk itu kami meminta dukungan, baik politik maupun budgeting…” jelas KH. Syamsoedin Asrofie.

“Nantinya, jika PKUB tingkat kecamatan dan tingkat desa ini sudah efektif berjalan dan berhasil mewujudkan kehidupan yang rukun dan harmonis antar ummat beragama di masing masing wilayah, bisa menjadi destinasi studi banding daerah lain untuk kemudian ditiru oleh daerah lain. Secara tidak langsung juga akan berdampak ekonomi bagi masyarakat…” lanjutnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang W Ismoyo menyambut positif pembentukan PKUB di setiap kecamatan dan desa di seluruh wilayah kabupaten Klaten oleh FKUB Kabupaten Klaten.

“Kita menyambut positif pembentukan PKUB Kecamatan maupun PKUB Desa di seluruh wilayah kabupaten Klaten. Karena pembentukan PKUB sampai tingkat desa ini adalah dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir potensi munculnya permasalahan terkait kehidupan dan kerukunan antar umat beragama di tingkat paling bawah yaitu desa. …” terang Hamenang W Ismoyo.

” Dengan adanya PKUB di desa, bila muncul permasalahan terkait kehidupan beragama di masyarakat langsung bisa diselesaikan ditingkat lokal…” lanjut Hamenang.

Terkait dukungan penganggaran bagi PKUB Kecamatan maupun PKUB Desa Hamenang menjelaskan bahwa saat ini sedang dilaksanakan refocusing anggaran karena adanya Pandemi Covid19. Jadi anggaran pemerintah lebih banyak dipergunakan untuk penanganan Covid19. Dan anggaran untuk organisasi kemasyarakatan untuk sementara belum menjadi priorotas.

“Tetapi sebenarnya untuk tahap awal, pembentukan PKUB desa bisa didanai dengan Dana Desa. Saya kira untuk pembentukan awal PKUB dengan dana 5 juta cukup. Dan besok, jika pandemi covid 19 ini sudah selesai, kita bisa merencanakan untuk penganggaran bagi PKUB, baik tingkat kecamatan maupun desa…” jelas Hamenang. (Sarjana)

Bagikan berita ini di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *