News

Orang Tua Mulai Bersiap, SMP N 2 Klaten Terima Siswa Baru Melalui 4 Jalur Ini

KLATEN. |] PojokKlaten.com – Memasuki tahun ajaran baru tahun 2021/2022, SMP N 2 Klaten mulai mensosialisasikan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kepada masyarakat.

Salah satu sarana sosialisasi yang dilaksanakan adalah melalui acara Talk Show di Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten pada frekwensi 91.6 MHz. Sebagai narasumber dalam Talk Show hari ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 2 Klaten , Subroto, SPd. MPd dan Komite Sekolah SMP N 2 Klaten, Moech. Isnaeni.

Lebih jauh diungkapkan oleh Subroto, pada tahun ajaran 2021/2022 ini SMP N 2 Klaten mulai membuka pendadtaran peserta didik baru (PPDB) pada tanggal 30 Juni sampai tanggal 3 Juli tahun 2021.
Dan pengumuman diterima atau tidaknya akan dikeluarkan pada tanggal 7 Juli 2021.

Ada empat jalur yang akan dipakai dalam penerimaan peserta didik baru yaitu jalur zonasi yang berjumlah minimal 50% atau 128 siswa, jalur prestasi sebesar 30%, 77 siswa harus memiliki nilai raport akumulasi minimal 265 atau 26,5 serta piagam penghargaan yang diakui oleh Dinas Pendidikan.

Selanjutnya untuk jalur afirmasi maksimum sebesar 15 % , adalah bagi anak anak yang memiliki surat keterangan dari dinas sosial bahwa anak tersebut berasal dari keluarga penerima program PKH, KIP, KKS atau yang termasuk dalam BDT ( Basic Data Terpadu) Kemensos.

Bagi anak guru tempat mereka bertugas juga bisa melalui jalur afirmasi tetapi harus bisa menunjukkan surat keterangan yang diketahui oleh Kepala Sekolah dan Rekomendasi dari Dinas Pendidikan.

Jalur afirmasi ini juga bisa dipakai untuk anak yang orang tuanya merupakan tenaga kesehatan yang menangani Covid 19 yang dibuktikan dengan surat keterangan yang mencantumkan namanya sebagai tenaga kesehatan yang ikut menangani Covid 19.

Dan terakhir jalur mutasi 5 % adalah bagi anak yang orang tuanya pindah tugas dari luar kabupaten atau luar propinsi yang dibuktikan dengan surat tugas otang tuanya dan diketahui dan rekomendasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Lebih lanjut dijelaskan Subroto, jalur mutasi ini juga berlaku bagi siswa berprestasi dari mana saja baik lintas kabupaten maupun lintas provinsi. Adapun syarat pendaftaran adalah foto kopi KK, Surat Keterangan Lulus, Pas Photo 3 lembar, dan surat keterangan penunjang lainnya. (Sarjana)

Bagikan berita ini di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *