News

Jamaah Masjid At Tauhid Bareng Lor Giatkan Ibadah Shalat Syuruq, Memburu Pahala Haji Dan Umroh

KLATEN. |] PojokKlaten.com — Dua tahun terakhir ini Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji karena masih dalam situasi pandemi covid 19 yang belum mereda. Sementara antusias warga masyarakat terutama umat islam untuk berangkat haji semakin besar.

Untuk mengobati rasa rindu Baitullah dan pahala haji dan umroh, jamaah masjid At-Tauhid Sumberagung Barenglor Klaten Utara giat menjalankan sholat syuruq di masjid. “Hal ini dilakukan mengingat ada nasehat dari Rasulullah SAW agar kita mendapatkan pahala haji dan umrah yang sempurna maka bisa dilakukan dengan menjalankan sholat syuruq,” kata H.Munawar Hasani Imam masjid setempat Ahad (7/6).

Dia pun mencontohkan hadist dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Hadits yang agung ini menurut Munawar Hasani menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat (shalat Isyraq).

Shalat isyroq menurutnya dilakukan sebanyak dua raka’at. Gerakan dan bacaannya sama dengan shalat-shalat lainnya.

Shalat ini menurutnya disyariatkan bagi orang yang melaksanakan shalat jama’ah shubuh di masjid lalu ia berdiam untuk berdzikir hingga matahari terbit, lalu ia melaksanakan shalat isyroq dua raka’at.

“Ketika berdiam di masjid dianjurkan untuk berzikir. Zikir di sini bentuknya umum, bisa dengan membaca Alquran, membaca zikir, atau lebih khusus lagi membaca zikir pagi,” ujar Munawar.

Waktu shalat isyroq sebagaimana waktu dimulainya shalat Dhuha yaitu mulai matahari setinggi tombak, sekitar 15-20 menit setelah matahari terbit. “Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu menghidupkan sunnah yang mulia ini,” ujarnya.

Di masjid At-Tauhid ini sholat syuruq memang sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu setiap Ahad pagi. Namun saat ini paska Ramadhan sholat syuruq dilakukan setiap hari yang dimulai dengan sholat tahajut terlebih dahulu sekitar jam 03.00, kemudian sholat subuh dan dilanjut sholat isyraq atau sholat syuruq yang diikuti jamaah masjid setempat.

Selanjutnya setelah sholat syuruq selesai diteruskan dengan sarapan pagi bersama yang telah disiapkan oleh ta’mir masjid.

Penulis ; Moch.Isnaeni
editor. ; Sarjana

Bagikan berita ini di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *