Headline

Dewan Kesenian Kabupaten Klaten Selenggarakan Musenda ke 6 Tahun 2021 Di Saat “Pagebluk” Melanda Para Pelaku Dan Pegiat Seni

KLATEN. |] PojokKlaten.com – Dewan Kesenian Kabupaten Klaten hari Sabtu (5/6) pagi melaksanakan Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) ke 6 yang diselenggarakan di Pendopo kantor Pemerintah Kabupaten Klaten jalan Pemuda Selatan Kota Klaten.

Ditengah situasi pandemi Covid19 yang belum juga diketahui kapan akan berakhir, dimana akibat dari pandemi tersebut sangat dirasakan oleh para pelaku dan pegiat seni di seluruh wilayah kabupaten Klaten.

Sebagaimana diberitakan, karena pandemi ini sehingga ada Dalang yang sampai menjual seperangkat gamelan miliknya hanya. sekedar untuk dapat menyambunv hidup karena sepinya “tanggapan”.

Belum lagi, para pelaku seni lain seperti para penari yang pada masa sebelum ada pandemi, mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih dari lima juta rupiah setiap bulan dari pentas pertunjukan di berbagai daerah maupun negara.

Namun dengan adanya pandemi covid 19 sejak awal tahun 2020, praktis para pelaku dan pegiat seni berkurang jauh intensitas mereka menunjukkan keahlian seninya, otomatis penghasilan mereka juga menurun drastis.

Salah satu pegiat seni yang juga pengurus Dewan Kesenian kecamatan Cawas, J. Supriyadi berharap Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) ke 6 Dewan Kesenian kabupaten Klaten dapat menghasilkan produk produk kabijakan yang mampu mengangkat harkat hidup dan kesejahteraan para pelaku dan pegiat seni di seluruh kabupaten Klaten.

“Ditengah pandemi covid 19 ini, para pegiat dan pelaku seni seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Mereka bingung akan keberlangsungan kesenimannya karena kegiatan pentas seni yang sepi..” ungkap seniman yang akrab dupanggil Jim Beling ini.
” Untuk itu pengurus Dewan Kesenian kabupaten Klaten ke depan harus mau memikirkan dab memperhatikan para anggotanya yaitu para pegiat dan pelaku seni, baik seni tradisional maupun seni kontemporer…”lanjutnya.

Musyawarah Seniman ke 6 Daerah Dewan Kesenian Kabupaten Klaten hari ini dihadiri oleh Bupati Klaten yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Sri Nugroho, perwakilan dari Kodim 0723 Klaten, perwakilan dari Polres Klaten, Pengurus Dewan Kesenian Kecamatan dari seluruh wilayah kabupaten Klaten, para pelaku dan pegiat seni, pemilik sanggar seni dan para wartawan.

Dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Sri Nugroho, Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani meminta dewan kesenian sebagai wadah para seniman di kabupaten Klaten agar terus memberikan sumbangsih terhadap upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya tradisional yang ada di Kabupaten Klaten. (Sarjana)

Bagikan berita ini di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *